• pencaksilat
  • terateemasheader1
  • terateemasheader2
  • terateemasheader3
  • terateemasheader4

Kategori GANDA

1. Perlengkapan bertanding
1.1.  Pakaian  :

Pakaian Pencak Silat model standar warna bebas dan polos ( celana dan baju boleh dengan warna yang sama atau berbeda ). Memakai ikat kepala dan kain samping warna polos atau bercorak. Pilihan dan kombinasi warna diserahkan kepada peserta.  Warna pakaian, corak ikat kepala / kain samping kedua pesilat kategori Ganda boleh sama atau berbeda.
Boleh memakai lambang badge lambang badan induk di dada sebelah kiri serta diperkenankan mamakai badge PERSILAT di dada kanan, bendera Negara di lengan kiri. Nama Negara di belakang baju.

1.2.  Senjata  :
Jenis, ukuran dan jumlah senjata sama dengan kategori Tunggal (golok/parang dan toya) dan wajib ditambah dengan salah satu senjata pilihan Keris, Pisau, Clurit dan Trisula  yang penggunaan senjata wajib dan senjata pilihan diberikan kebebasan dalam urutan pengunaanya.

1.2.2.   Penggunaan senjata pilihan boleh menggunakan satu atau dua senjata dalam satu jenis (keris kembar, pisau kembar, trisula kembar dan  clurit kembar). Teknik penggunaan dan jenis senjata pilihan bebas menurut aliran masing-masing.
1.2.3.  Pesilat bebas untuk  :
a.    Menggunakan jurus tangan kosong
b.   Salah satu pesilat bersenjata, yang satu tangan kosong atau kedua pesilat menggunakan senjata.
c.    Berganti senjata dalam peragaan / senjata beralih tangan
d.   Melepaskan/menjatuhkan senjata sesuai dengan deskripsi peragaan.
2. Tahapan pertandingan
2.1.  Bila pertandingan diikuti oleh lebih dari 7 ( Tujuh ) peserta maka dipergunakan sistem pool.
2.2.  Tiga peraih nilai tertinggi dari setiap pool ditampilkan kembali untuk mendapatkan penilaian ditahap berikutnya, kecuali tahap pertandingan berikutnya adalah babak final.
Peserta tingkat final adalah 3 ( tiga ) pemenang menurut urutan perolehan nilai dari tahapan pool pertandingan sebelumnya.
2.3.  Jumlah pool ditetapkan oleh rapat antara Delegasi Teknik, Ketua Pertandingan dan Dewan Juri  serta disampaikan kepada peserta dalam Rapat Teknik.
2.4. Pembagian pool peserta dilakukan melalui undian dalam Rapat Teknik.
2.5.  Setiap kategori ganda, minimal harus diikuti oleh 2 (dua)  peserta, dan langsung babak Final.
3.   Waktu Pertandingan
Waktu penampilan adalah 3 ( tiga )  menit

4.    Tata cara pertandingan

4.1.  Pelaksanaan pertandingan didahului dengan masuknya para Juri dari sebelah kanan Ketua Pertandingan dan setelah memberi hormat serta menyampaikan laporan tentang akan dimulainya tugas penjurian kepada Ketua Pertandingan, para Juri mengambil tempat yang telah ditentukan.
4.2. Senjata yang akan dipergunakan sudah diperiksa dan disahkan oleh Ketua Pertandingan, kemudian diletakkan pada standar yang disediakan oleh Panitia Penyelenggara.
4.3.    Pakaian yang akan digunakan sudah diperiksa dan di sahkan oleh ketua pertandingan sebelum memasuki gelanggang.
4.4.    Pesilat yang akan melakukan peragaan, memasuki gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan, berjalan menurut adab yang ditentukan, menuju ke titik tengah gelanggang.
4.4.1.   Penempatan tempat senjata diletakan di dalam gelanggang.
4.4.2.   Memberi hormat kepada Ketua Pertandingan dan selanjutnya berbalik untuk memberi hormat kepada Juri.

4.5.    Sebelum peragaan dimulai Ketua Pertandingan memberi isyarat kepada para Juri, Pengamat Waktu dan Aparat Pertandingan lainnya agar bersiap untuk memulai tugas.
4.6.    Setelah selesainya pembukaan salam PESILAT, gong tanda waktu dimulainya pertandingan dibunyikan, dan peserta pertandingan langsung melaksanakan peragaan  tangan kosong dilanjutkan dengan bersenjata yang dimulai dari golok dan dilanjutkan dengan toya.

Berakhirnya waktu yang ditetapkan ditandai dengan bunyi gong.

4.7.    Setelah waktu peragaan berakhir, pesilat meberi hormat kepada Juri dan Ketua Pertandingan dari titik tengah gelanggang, dan selanjutnya meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan, berjalan menurut adab yang telah ditentukan.
4.8.    Para Juri kemudian memberikan penilaian untuk peragaan yang baru saja berlangsung selama 30 (tiga puluh) detik kecuali dalam menggunakan system penilaian digital.
4.9.    Pengamat Waktu mencatat dan menanda tangani formulir Cacatan Waktu Peragaan Pesilat untuk disahkan oleh Ketua Pertandingan dan segera diumumkan untuk diketahui oleh Juri yang bertugas.
4.10.   Pembantu Gelanggang mengambil formulir hasil penilaian Juri dan menyerahkan kepada Dewan Juri kecuali penilaian dengan menggunakan system penilaian digital.

4.11.   Setelah selesai perhitungan para Juri, meninggalkan tempatnya secara tertib menuju Ketua Pertandingan, memberi hormat dan melaporkan tentang selesainya pelaksanaan tugas. Selanjutnya para Juri meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan.

 

Leave a Reply